0

Profil Poliklinik Sang Timur Sumenep

Poliklinik Sang Timur Sumenep

Balai Pengobatan Sang Timur di Sumenep, terletak di Jl. Slamet Riadi 25, dengan nomor telepon 0328-665992. Balai Pengobatan ini didirikan oleh almarhum Sr. Cicilia PIJ pada Februari 1972, dan mendapat izin operasional tgl 1 Juni 1972 dengan penanggung jawab pertama dr. Tony Pitono. Balai Pengobatan Sang Timur Berada di tepi jalan yang menghubungkan kota Sumenep dengan kota pelabuhan Kalianget.

Balai Pengobatan Sang Timur di Sumenep sejak berdiri sampai sekarang, baru dipugar kembali pada tahun 1989. Luas bangunan diperlebar menjadi 146.59 m2 dari luas sebelumnya yang hanya 126.05 m2.

Balai Pengobatan Sang Timur Sumenep memberi pelayanan kepada masyarakat luas tanpa membedakan warna kulit, agama, suku, bahasa dan lain lain. Semua pasien yang datang mendapat pelayanan yang sama, Balai pengobatan Sang Timur buka satiap hari kecuali hari minggu dan hari besar lain tutup. Buka mulai jam 06.00 sampai jam 12.00 WIB.

Prestasi yang pernah diraih :

  1. Pada tahun 1990 Juara I lomba kebersihan  Poliklinik Swasta se-Kabupaten Sumenep.
  2. Pada tahun 2002 Juara II lomba Balai Pengobatan Swasta se-Kabupaten Sumenep.

Balai Pengobatan Sang Timur masih tetap eksis sampai sekarang berkat jasa para suster dan dokter, perawat yang pernah berkarya di Unit ini antara lain:

  1. Almarhum Sr.Kritiyani PIJ
  2. Almarhum dr. Andreas Husada (dr.penanggung jawab setelah dr.Tony Pitono)
  3. Sr.Mariyani PIJ
  4. Sr. Maria Gabriella PIJ
  5. Ibu Anastasia sekarang sudah purna bakti
  6. Sr.Elisa Maria PIJ
  7. Sr.Elia Maria PIJ
  8. dr.Elisabeth Sinta Prahara Oetomo (dr.Penanggung jawab BP. Sang Timur sampai sekarang)
  9. dr.Wongso Suhendro

Berita :

  • Tanggal 1 Juni 2010 POLIKLINIK SANG TIMUR SUMENEP genap berusia 38 Tahun.
  • Jumlah pasien rata-rata perbulan 438 orang.
  • Pasien Poliklinik Sang Timur datang dari berbagai daerah di pelosok kabupaten Sumenep, mereka menempuh perjalanan jauh ada yang 60-70 km dari kota sumenep, ada yang datang dari pulau-pulau seperti Sapudi, Kangean, Talango, Raas, Gilieyang, bahkan ada yang datang dari pulau Masalembu dekat Sulawesi, mereka menempuh perjalanan berhari – hari dengan kapal laut.
  • Pasien yang datang ke Poliklinik Sang Timur Sumenep kebanyakan penderita penyakit kulit dan berbagai penyakit lain.
  • Mereka datang dengan bermodalkan kepercayaan pada pelayanan kami, obat-obatan yang kami sediakan biasa tidak ada prodak istimewa, obat yang tersedia  sesuai standar pelayanan di Balai Pengobatan.
  • Meskipun banyak Rumah Sakit, Puskesmas, dokter praktek Swasta dan sarana pelayanan kesehatan lain kami masih tetap memiliki pasien , karena para pasien yang telah  sembuh,   kemudian menceritakan kesanak saudaranya, teman, tetangga, sehingga kadang kami merasa lucu kalau lihat pasien yang sakit  hanya satu orang diantar lebih dari 10 orang ramai-ramai, bagi kami ini menghibur juga betapa rukunnya masyarakat kita.
  • Karena Poliklinik Sang Timur ini berada di Sumenep – Madura maka kita harus bisa berbicara bahasa Madura.
  • Hampir setiap tahun Poliklinik Sang Timur Sumenep mengadakan pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar, khusus desa  Pabian. Poliklinik Sang Timur juga mensubsidi pasien yang tidak mampu.
  • Poliklinik Sang Timur menyelenggarakan Posyandu satu bulan sekali  Setiap Senin ke-2 bekerja sama dengan Puskesmas dan SSP Sumenep.

***

Filed in: 3. Profil Unit Karya, 3.6. Poli / RB.BP Sang Timur Tags: , ,

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 4751 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur
Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.