0

Integritas

Dalam Bahasa Inggris,  Integrity intinya ketulusan hati, kejujuran dan keutuhan.

Contoh :

Sebuah lembaga bernama Ethnic Officers Association memprakarsai survei terhadap 1.300 pekerja di semua jenjang di perusahaan-perusahaan Amerika. Dan ditemukan hal yang mengejutkan bahwa sekitar separuhnya mengaku terlibat dalam praktek-praktek bisnis yang tidak jujur. Mulai dari hal-hal kecil seperti mencuri kertas, pensil dan berbohong kepada atasan.

Contoh di atas kiranya bisa melukiskan bahwa masih banyak orang-orang yang melakukan kejahatan kecil apabila memiliki kesempatan dan tidak dilihat orang lain/atasan. Mereka menganggap bahwa pelanggaran etika itu hal biasa. Padahal itu menyangkut sesuatu yang serius yaitu integritas dan kepercayaan. Ini terjadi karena prinsip bekerja untuk mencari uang semata dan mau bekerja baik bila dilihat oleh orang lain atau atasannya.

Integritas adalah sebuah kesungguhan, kejujuran dan komitmen. Memiliki integritas artinya melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh, karena kesadaran dari dalam diri. Integritas bekerja karena dorongan suara hati, bukan karena orang lain. Selain itu integritas adalah kejujuran terhadap diri sendiri.

Berdoa Rosario selama bulan Mei secara disiplin tanpa diawasi orang lain adalah sebuah pelatihan integritas yang sesungguhnya. Orang yang mampu membangun hidup doanya secara disiplin akan menghasilkan pribadi dengan integritas kuat.

Ada seorang ditawari proyek kerja sama untuk pemasaran produk baru. Saat bertemu, Pak Agus menunjukkan cash flow perusahaan cukup baik dan tampak menguntungkan. Kemudian ia menceritakan mitra kerja lamanya yang sangat mengecewakan dan mempunyai banyak keburukan.

Kemudian saya bertanya kepada Pak Agus “Apakah Anda juga akan menceritakan diri saya kepada orang lain?” Pak Agus terdiam. Saat itu saya katakan “Tidak” meskipun penawaran itu cukup bagus, karena tidak ada integritas untuk diajak kerja sama dalam jangka panjang. Sebuah kepercayaan tidak datang karena pemberian orang lain, tetapi hasil usaha seseorang yang telah menunjukkan integritas, komitmen dan loyalitas.

Mengikuti perayaan Ekaristi setiap hari secara disiplin dan penuh kesadaran menunjukkan integritas seseorang yang menunjukkan kepada Allah, sekaligus komitmen tunggal dan loyalitas hanya kepada Tuhan. Jadi seseorang yang telah melakukan aktivitas doa dengan integritas tinggi akan memperoleh kepercayaan baik dari Tuhan maupun sesama.

Kunci dari prinsip “Keteraturan” adalah disiplin yang disertai integritas. Kedisiplinanlah yang akan mampu memelihara sistem dan menciptakan sebuah kepastian. Tidak ada persahabatan tanpa kepercayaan. Tidak ada kepercayaan tanpa integritas. Semakin tinggi integritas dan prinsip seseorang, semakin tinggi kepercayaan orang kepadanya.

Orang yang mempunyai integritas adalah mereka yang bekerja sungguh-sungguh layaknya mengerjakan sebuah tugas suci dan bekerja dengan hati mereka. Bekerja secara total, sepenuh hati dan dengan semangat tinggi. Mau menyemplungkan/menceburkan diri saya sepenuhnya  di  lembaga di mana saya bekerja. Bekerja keras dan berkorban untuk lembaga saya.

Seseorang yang bekerja didorong oleh kebutaan meraih prestasi, selalu mencari jalan untuk menemukan sukses mereka. Bagi kebanyakan orang mungkin sukses yang dimaksud adalah uang, tetapi sesungguhnya uang bukan yang utama.

Peningkatan kecepatan informasi, ilmu pengetahuan, juga jaringan kerja sama di era modern, membuat kita semakin tergantung pada pemikiran anggota kelompok lainnya, dibandingkan masa-masa sebelumnya. Juga globalisasi adalah bukti nyata akan kebutuhan manusia untuk berinteraksi dan bersinergi dengan kelompok lainnya. Dunia adalah aset, amanah sekaligus tantangan bagi setiap orang dan diri wujud pembuktian kualitas diri manusia. Keberhasilan tidak memerlukan kecerdasan luar biasa, juga tidak disebabkan oleh keberuntungan. Tetapi ditentukan oleh besar tindakannya, keyakinan untuk meraihnya serta integritas yang tinggi.

***

Malang,  November 2011

Sr. Kristella PIJ

Filed in: 5. Refleksi & Artikel Tags: ,

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 2018 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur