0

Sambutan Natal 2011 dari Ketua Yayasan Karya Sang Timur

“Surya pagi dari tempat yang tinggi telah datang dalam Kristus untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam ancaman maut, untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera.” (Lukas 1,78)

Para suster, Bapak ibu guru serta seluruh karyawan Yayasan karya Sang Timur yang berbahagia, salam sejahtera dan semoga seluruh karyawan Yayasan Karya Sang Timur di seluruh Indonesia selalu mengingat peristiwa agung dimana Yesus Kristus yang lahir kedunia merupakan tokoh sentral Umat Kristiani.

Tentu semua orang tahu bahwa hari raya Natal merupakan hari yang sangat Agung bagi umat Kristiani. Peristiwa ini sering dimaknai sebagai kehadiran Yesus di dunia. Segenap umat Kristiani memperingati kelahiran Sang Juru selamat dunia. Kehadiran Kristus ke dunia adalah bukti kasih Allah dan kepedulian nyata bagi semua umat manusia. Di sinilah ajaran Yesus bertumpu bahwa kerendahan hati dan solidaritas kepada mereka yang lemah dan menderita menjadi begitu penting.

Bagi para pengikut Kristus sejati, peristiwa Natal mengingatkan kita akan solidaritas Tuhan terhadap nasib manusia. Khususnya manusia kecil dan lemah. Jadi Natal bukan sekedar makan minum, pakaian bagus tetapi solidaritas, berbuat untuk mereka yang membutuhkan. Iman tanpa perbuatan akan sia-sia. Kasih tanpa tindakan nyata hanya akan bergaung membisingkan telinga tetapi sepi dari makna. Dan untuk mewujudkan semua itu perlu adanya komitmen, dan integritas serta kemauan untuk berbagi. Di sinilah makna Natal sebenarnya yang mendahulukan sosok para gembala, sosok rakyat jelata, karena mereka berhati sederhana, terbuka terhadap karya keselamatan Allah.

Ada sisi yang agak istimewa dalam merayakan Natal kali ini adalah bertepatan  menyambut HUT   ke-80 tahun Sang Timur  berkarya di Indonesia. Semua peristiwa ini mengingatkan tentang perenungan kembali terhadap karya pelayanan, baik di bidang kesehatan maupun di bidang pendidikan serta pelayanan pastoral lainnya. Karena itu peristiwa Natal mengajarkan kita semua untuk merefleksi sejauh mana keberhasilan karya pelayanan kita.

“Surya pagi dari tempat yang tinggi telah datang dalam Kristus untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam ancaman maut, untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera.” (Lukas 1,78) Gambaran surya pagi jelas Kristus sendiri yang membawa terang bagi semua orang terutama bagi mereka yang menderita, yang tersisih dan tersingkir (Luk 7, 22) karena itu kita harus tetap berjalan kemasa depan dalam terang itu, seturuf Firman-Nya “Akulah terang dunia, barang siapa mengikuti aku ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Yoh 8, 2)

“Terang itu telah datang”, itulah berita undangan Natal, yang perlu kita kenal, kita alami, kita terima, kita sambut dan kita percayai serta kita rayakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita mensyukuri secara terus menerus bahwa Allah Bapa kita telah menyelamatkan dan selalu menyertai seluruh kehidupan kita sebagai pribadi, keluarga, sebagai komunitas dan sebagai keluarga besar Yayasan Karya Sang Timur. Dan rasa syukur itu perlu diwujudkan dalam seluruh bentuk kehidupan dengan tindakan nyata, dengan komitmen dan integritas.

Selamat Hari Natal 2011 dan Selamat Tahun Baru 2012.

Semoga Kasih  Tuhan menyertai Kita Semua!

***

Ketua Yayasan Karya Sang Timur

Sr.Kristella PIJ

Filed in: 5. Refleksi & Artikel Tags: 

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 8761 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur