0

Sambutan Paskah 2012 dari Ketua YKST

Para Suster, Bapak dan Ibu yang terkasih,

Gereja Katolik kembali mengajak kita semua untuk merenungkan makna peristiwa Paskah, dan pada tahun ini mengambil tema “ MEWUJUDKAN HIDUP SEJAHTERA”. Dalam  tema diatas diharapkan umat beriman katolik sadar bahwa persatuan dirinya dengan Tuhan dan sesama serta seluruh ciptaan-Nya merupakan panggilan dan tanggung jawab untuk memperjuangkan hidup yang lebih baik.

Kita berusaha mengembangkan semangat persatuan dalam Komunitas Unit Karya di lingkungan Yayasan Karya Sang Timur, meningkatkan semangat rela berbagi dan kepekaan  dalam memajukan hidup pribadi, keluarga,  Unit Karya , serta ikut berpartisipasi dalam karya penciptaan demi kesejahteraan bersama. Inilah beberapa nilai yang diharapkan gereja terhadap umatnya termasuk komunitas Unit Karya di lingkungan Yayasan Karya Sang Timur

Bagi umat katolik peristiwa paskah mengingatkan kembali keberadaan manusia yang berdosa dan dengan kematian Yesus manusia dibebaskan dari belenggu dosa.  Melalui masa prapaskah gereja memberi kesempatan kepada umatnya untuk bertobat.Kita diajak  merenungkan siapa diri kita  dan untuk apa hidup didunia ini. Dalam kitab Mazmur dikatakan bahwa manusia berasal dari debu dan dipandang sebagai debu tanah yang diinjak-injak , hanya sebuah ranting yang rapuh jatuh diterpa angin, bagaikan sebutir embun pagi yang sirna kena sinar mentari pagi, namun Tuhan tetap menyayangi dan mencintai bahkan menjadikan kita sebagai anak-anak-Nya, dibebaskan dari dosa-dosa melalui Salib Putera Tunggal-Nya Yesus Kristus.

 Dalam kisah Penciptaan dikatakan bahwa manusia adalah gambar Allah, kemudian karena kelemahannya manusia jatuh dalam dosa akibat digoda ular di taman eden, tetapi Allah tidak membiarkan manusia tetap hidup dalam dosa dan kematian, sebaliknya mengutus Putera-Nya untuk menebus  dosa-dosa manusia. Melalui peristiwa salib, manusia dibangkitkan dan memperoleh hidup baru, karena itu masa prapaskah menjadi begitu penting untuk merenungkan makna salib, merenungkan makna pengorbanan Yesus. Melalui puasa kita diingatkan kembali untuk menyadari hakekat diri kita dan kembali ke jalan yang putih bersih , jauh dari hawa nafsu kedagingan. Melalui peristiwa Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah Kebangkitan Kristus kita diajak masuk untuk menikmati peristiwa keselamatan Allah.

Marilah para Suster,  Bapak,  Ibu, kita  menanggapi peristiwa keselamatan Allah melalui Putera-Nya Yesus Kristus dengan perilaku menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas kita, menumbuhkan panggilan kita sebagai mitra kerja Allah, mampu mengendalikan diri, sabar dan tekun dalam melaksanakan tugas, serta profesional dan penuh integritas.

 Semoga dengan Kebangkitan Kristus kita juga dibangkitkan, disemangati untuk memulai hidup baru dimana ada banyak tantangan yang harus kita hadapi bersama.

SELAMAT PASKAH!

***

Filed in: 5. Refleksi & Artikel Tags: , ,

Share This Post

Related Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 7557 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur