0

Wisata ke Gunung Bromo

Berfoto bersama di Sabana

Hari Senin tgl. 24 Juni 2013, staf yayasan beserta karyawan dan satpam, berangkat menuju ke Gunung Bromo dalam rangka wisata tahunan yang diadakan oleh Yayasan Karya Sang Timur Pusat. Para Suster yang ikut dalam wisata tahun ini yaitu Sr.Kristella PIJ, Sr.Marie Luise PIJ, dan Sr.Agnesia PIJ.

Tiga Suster yang mendampingi wisata tahun ini

Rombongan berangkat sekitar pukul 01.00 dini hari dengan dua buah kendaraan menuju Tosari. Setelah sampai di Tosari, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan jenis “Jeep” yang memang disediakan khusus bagi pengujung gunung Bromo. Lokasi pertama yang dituju adalah Gunung Penanjakan yang merupakan puncak tertinggi untuk menikmati “Sunrise” di kawasan wisata Bromo. Rombongan tiba di sana sekitar pk.03.30, udara dingin yang sangat ekstrim ditambah dengan hembusan angin yang agak kencang menerpa puncak gunung hingga setiap peserta harus membalut tubuh mereka dengan baju berlapis, sarung tangan, kaos kaki, dan juga penutup kepala. Rombongan berada di sana hingga sekitar pk.07.30.

Pasir Berbisik

Berfoto di Pasir Berbisik

Perjalanan wisata gunung Bromo kemudian dilanjutkan menuju kawasan yang disebut dengan Sabana. Pemandangan di tempat ini sangat indah, membuat kami semua terpukau. Di tempat ini juga kami gunakan untuk berfoto bersama dengan latar belakang batu padas yang ditumbuhi rumput hijau yang sangat indah. Setelah puas menikmati sabana, perjalanan kami lanjutkan ke padang pasir yang disebut dengan “Pasir Berbisik.” Hamparan padang pasir ini juga merupakan fenomena alam yang bagitu menakjubkan.

Perjalanan menuju kawah gunung Bromo

Berfoto bersama umat Hindu di puncak gunung Bromo

Tujuan terakhir adalah “Kawah Gunung Bromo.” Di tempat inilah kemampuan fisik kami diuji, karena perjalanan menuju kawah sangat berat. Sebenarnya ada banyak tawaran untuk naik kuda, tetapi kami lebih memilih untuk berjalan kaki. Medan berpasir yang menanjak disertai dengan debu yang berasal dari pasir yang bercampur dengan kotoran kuda yang sudah kering kadang membuat nafas tidak nyaman, nafas terengah-engah, kepala pening. Setelah lolos dari pasir berdebu, kami masih harus menaiki tangga sejumlah kurang lebih 200 anak tangga, ini semacam ujian terakhir sebelum sampai di puncak. Nafas tersengal-sengal, dada panas, namun akhirnya… kami pun berhasil sampai di puncak untuk menikmati kawah gunung Bromo dan “Landscape” yang begitu luas. Terbayar sudah seluruh perjuangan kami menuju puncak ini.

Berfoto bersama sebelum meninggalkan lokasi

Kami meninggalkan lokasi wisata gunung Bromo sekitar pk.13.00. Kami semua tertidur di mobil karena kecapekan. Semula menurut rencana kami akan menutup rangkaian wisata ini dengan makan siang bersama di “Bakti Alam,” namun karena tempat tersebut tutup, maka kami kemudian makan siang di rumah makan “Republik Telo” di Purwosari. Kami tiba kembali di Jl.Bandung 02 Malang sekitar pk.16.00. Acara wisata yang memuaskan dan mengesankan bagi kami semua.

***

Filed in: 4. Acara dan Kegiatan Tags: , , ,

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 2018 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur
Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.