0

Raker & Pelatihan dari LPMP Jawa Timur

Pembukaan Raker | Kak Antonius Daud

Raker tahunan Yayasan Karya Sang Timur kali ini diadakan pada tanggal 17 – 23 September 2014 di Novisiat Suster Sang Timur Jl.Bandulan Barat 40 Malang. Bersamaan dengan rangkaian acara Raker ini juga diadakan kegiatan “Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah” yang merupakan kerjasama antara LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Provinsi Jawa Timur dengan Yayasan Karya Sang Timur yang diadakan tanggal 18 – 22 September 2014 dari pagi pukul 08.00 hingga malam sekitar pukul 22.00. Diklat ini sangat penting berkenaan dengan sertifikasi kepala sekolah yang diwajibkan oleh pemerintah.

Tempelan “Hati” | Suasana Raker

Yang berbeda dalam Raker kali ini adalah juga bahwa ini adalah Raker pertama yang hanya melibatkan Yayasan Karya Sang Timur bidang pendidikan, dan tidak melibatkan bidang kesehatan dan sosial. Bidang pendidikan dengan nama Yayasan Karya Sang Timur, bidang kesehatan dengan nama Yayasan Servita Sejati, dan bidang sosial dengan nama Yayasan Clara Fey.

Di hari pertama, Raker diisi dengan fungsi, peran, dan wawasan tentang pramuka di sekolah. Sebagai pemateri atau nara sumber adalah tokoh pramuka di Indonesia, yaitu Kak Antonius Daud. Kiprah dan wawasan beliau dalam hal pramuka tidak perlu disangsikan lagi. Para peserta Raker banyak sekali mendapat wacana dan wawasan dalam hal kepramukaan.

Suasana Pelatihan dari LPMP

Pelatihan dari Tim LPMP Jatim yang terdiri dari: Bapak H.Mahfud, S.Pd; Bapak Drs.Toto Basuki; dan Bapak Kusnohadi, S.Pd, M.Pd; dapat dikatakan menyenangkan namun juga membuat peserta harus berpikir keras untuk menyerap materi-materi yang cukup berat. Dikatakan menyenangkan karena di sela-sela pelatihan tersebut diselingi dengan games-games yang menarik namun memiliki sebuah arti. Di hari terakhir peserta juga harus mengikuti test tertulis dengan waktu sekitar 45 menit. Rangkaian kegiatan Diklat ini ditutup dengan ceramah dari Bapak Salamun SE., MBA., Ph.D selaku Ketua LPMP Jatim yang khusus datang di hari terakhir kegiatan Diklat.

Tim LPMP Jatim | Ketua LPMP Jatim; Bapak Salamun SE., MBA., Ph.D

Setelah mengikuti kegiatan Diklat dari LPMP Jatim, siang itu tgl.22 September 2014, seluruh peserta Raker diajak sedikit “Refreshing” dengan berkunjung ke Wisata Petik Madu di Puri Kencana Lawang. Di sini para peserta diberikan penjelasan cukup detail tentang seluk-beluk lebah dari proses awal hingga menghasilkan madu yang siap dipanen/dipetik.

Kunjungan ke Wisata Petik Madu | Penandatangan Serah Terima Yys.Clara Fey & Servita Sejati

Di hari terakhir Raker tgl 23 September 2014, ada sebuah acara istimewa yaitu serah terima aset dan berkas-berkas bidang sosial dan kesehatan yang selama ini menjadi tanggung jawab Yayasan Karya Sang Timur kepada Yayasan Servita Sejati dan Yayasan Clara Fey. Acara ini juga bisa dikatakan menjadi semacam “Peresmian berdirinya Yayasan Servita Sejati dan Clara Fey.” Dengan adanya serah terima ini, maka sekarang Sang Timur memiliki tiga yayasan yang menaungi tiga bidang. Tentunya tiga yayasan tersebut tetap harus saling mendukung dan bekerjasama demi kemajuan bersama.

Foto bersama dengan Tim LPMP Jatim

***

Filed in: 4. Acara dan Kegiatan Tags: , , , ,

Share This Post

Related Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 4647 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur
Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.