0

Pembelajaran Berbasis Digital IT Yayasan Karya Sang Timur

Sr. Sylvia PIJ

Januari 15, 2018

Dalam sudut pandang masyarakat selaku partisipatif maupun pelaku pendidikan sadar bahwa pembelajaran IT di setiap sekolah modern dituntut proaktif berinovasi, mengembangkan kreatifitas dan kompetitif sesuai dengan bidang kompetensinya, tidak saja dalam ruang lokal, tetapi juga dalam kancah Trans-formasi pendidikan Nasional.

Senada dengan transformasi yang terus tumbuh dan berkembang pesat dalam dunia pendidikan modern yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan mengesampingkan perkembangan teknologi informasi yang di dapatkan adalah keterpurukan implementasi pendidikan.

Dan yang parah lagi bahwa dengan tidak mau berubah maka sengaja mengorbankan setiap peserta didik karena guru tak mampu bertindak cepat dalam merubah model pembelajaran dalam mengorganisasikan kelas dan terpaku pada konvensional sistem. Dengan kata lain menjadi korban IT karena pasive reaction.

Jangankan menerapkan IT dalam pembelajaran mengoperasikan sistem komputer sederhana saja masih kesulitan, maka perlu diupayakan mental pembelajar tangguh yang haus perubahan pada era pendidikan digital saat ini.

Sejalan dengan fakta diatas, Ketua Yayasan Karya Sang Timur Pusat Sr. Sylvia PIJ melalui Kepala Unit Kerja Pendidikan SDK Sang Timur Pasuruan Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M. terus berupaya menjadi institusi pendidikan sekolah dasar modern ramah anak, sekolah ADIWIYATA, berbasis pembelajaran digital & terpusat pada penguatan pendidikan karakter (PPK) dan barometer literasi di kota Pasuruan juga Unit Karya Bidang Pendidikan dibawah naungan Yayasan Karya Sang Timur Pusat.

Hal yang paling mendasar dalam implementasi tak lain adalah SDM guru berkualitas sesuai bidangnya masing masing yang diberi kesempatan dan kebebasan untuk berkarya memajukan kualitas dan kompetnsi diri dan lembaga dalam hal ini Yayasan Karya Sang Timur melalui setiap unit karya.

Bahwa perlu transformasi pendidikan urgen dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sekolah saat ini melalui berbagai kegiatan kompetitif yang menitikberatkan pada pengembangan kemampuan kompetensi guru melalui IT. Dengan adanya inovasi ini maka akan memberikan dampak positif dalam mengembangkan literasi teknologi saat ini.

Upaya tersebut berbuah manis, dengan diterimanya MOU dengan Perusahaan Lohas Technology Ltd SILV Plt Singapore yang telah meninjau secara langsung ke SDK Sang Timur Pasuruan dan melakukan trial pembelajaran digital dengan TABLET Silv. Persiapan demi persiapan melalui tahapan khusus guna mengawal perubahan ini menjadi prioritas utama Yayasan Karya Sang Timur Pusat.

Akreditasi Nasional A serta iklim pendidikan yang terus maju dan mampu bersaing membuat SDK Sang Timur Pasuruan menjadi satu-satunya sekolah dasar berbasis pembelajaran di Jawa Timur. Dan yang membanggakan adalah SDK Sang Timur Pasuruan menjadi pilot project yang siap menjadi guide progressif dari MIN 02 Kota Malang serta Salah dan SDN di Surabaya yang datang untuk study banding.

Selamat atas prestasi dan kepercayaan yang diberikan Yayasan Karya Sang Timur Pusat kepada SDK Sang Timur Pasuruan menuju pendidikan berbasis literasi digital serta peminatan kreatifitas pendidikan IT era digital.

Sebagai bukti di masyarakat bahwa Yayasan Karya Sang Timur Pusat melalui SDK Sang Timur Pasuruan sungguh-sungguh menghadirkan pendidikan dasar modern dengan kualitas Unggul yang berkarakter”

Perlu diketahui, bahwa SDK Sang Timur juga telah meraih prestasi sangat membanggakan dengan menyumbang prestasi NASIONAL DKMG dan prestasi lainya baik di tingkat Kota maupun Propinsi.

Salam edukatif

Salam progressif

***

Penulis:

Alvonsus Glori A, S.Pd
(Guru SDK Sang Timur Pasuruan)

Filed in: 5. Refleksi & Artikel Tags: , , , ,

Share This Post

Related Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 2018 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur