PRAKATA

Yayasan Karya Sang Timur yang sudah berdiri sejak tahun 1975, dibentuk oleh semangat dan cita-cita luhur untuk melayani anak-anak dan kaum muda, terutama yang miskin dan terlantar. Di bidang pendidikan, yayasan ini memiliki 15 TK, 9 SD, 5 SMP, 2 SMA, dan 1 SLB yang semuanya tersebar di wilayah Jawa dan Flores. Di bidang sosial ada 7 Panti Asuhan dan 5 Asrama; serta di bidang kesehatan memiliki 3 Poli / RB.BP.

Tentu saja perjalanan yang panjang dan penuh rintangan dialami oleh yayasan ini, mulai dari peralatan kantor yang serba sederhana (dulu catatan keuanganpun ditulis tangan), sampai hadirnya teknologi dan pengetahuan komputer yang akhirnya mulai menggantikan rutinitas manual tersebut. Para suster-suster pun sekarang banyak yang sudah menguasai teknologi komputer dan internet. Penerapan internet melalui pemanfaatan email sudah mulai digalakkan meskipun dalam prakteknya masih perlu pembiasaan untuk mengubah surat fisik menjadi surat elektronik atau email.

Salah satu upaya dari Yayasan Sang Timur untuk mendidik dan membiasakan unit-unit karya menggunakan teknologi internet adalah dengan cara mengirim edaran-edaran dan surat-surat penting melalui email, sehingga unit-unit karya harus memiliki dan memanfaatkan email untuk mengetahui isi dari edaran, pengumuman, atau surat-surat penting dari Yayasan. Memang di beberapa unit karya pihak Yayasan masih harus mengirim surat secara fisik karena kondisi dan lokasi dari unit karya yang belum terjamah oleh layanan internet.

Upaya lain untuk lebih memanfaatkan teknologi internet adalah dengan diluncurkannya website Yayasan ini. Dengan adanya website resmi dari yayasan ini, diharapkan unit-unit karya bisa mengetahui informasi dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Yayasan Sang Timur Pusat dan di unit-unit karya tanpa harus diberitahu terlebih dahulu. Website ini nantinya akan menjadi wadah untuk ajang komunikasi dan informasi bagi unit-unit karya Sang Timur seluruh Indonesia. Memang website ini masih jauh dari sempurna, namun diharapkan website yang sederhana ini bisa menjadi jalan atau pendukung untuk rencana-rencana ke depan yang lebih visioner dan lebih komunikatif.

___________________________________________________________

Leave a Reply

Submit Comment

© 2017 Yayasan Karya Sang Timur. All rights reserved.
Yayasan Karya Sang Timur